Thursday, December 13, 2012

Cara Bikin Denah 3D

Pada postingan yang lalu, kita telah membahas cara membuat denah dengan CorelDraw. Tetapi denah yang kita bikin pada postingan sebelumnya masih bisa dimodif lagi agar tampak lebih modern dan terkesan mewah, yaitu dengan menambahkan efek 3D. Bagaimana caranya?
Pertama buka, file yang kemarin. Yang ini loh
Nah itu adalah contoh sederhana bentuk denah lokasi dengan menggunakan Corel Draw, sekarang kita akan membuat denah itu nampak seperti 3D.
Klik gambar denah lokasi yang udah kita buat kemarin, atau kalau belum bikin, ikuti dulu langkah-langkah pada postingan sebelumnya. Setelah kit klik gambar denah itu klik Effects kemudian pilih Add Perspective.
Setelah itu akan muncul garis strimin merah pada gambar. Seperti ini
Sesuaikan posisi denah dengan menarik ujung garis merah ke arah yang kita kehendaki. Jadilah denah tadi seperti denah 3D. Tapi rasanya belum cukup kalau denah itu kita kasih ikon 3D juga, agar denah tampak nyata. Untuk ikon denah 3D sobat bisa download di internet, baik yang berupa vector atau gambar jadi berupa file .jpg atau .png. Lihat hasil akhir dari denah 3D yang telah kita buat
Gambar di atas hanya contoh sederhana saja, sobat bisa bikin lebih bagus lagi dengan tambahan ikon-ikon yang lebih menarik. Pada denah di atas tulisan jalan terlihat mengikuti kontur jalan, caranya bisa menggunakan menu add perspective yang kita gunakan untuk membuat denah tadi atau dengan menggunakan fit text to path pada menu text, akan tetapi disarankan tetap menggunakan Add perspective meskipun sudah menggunakan fit text to path, karena fit text to path hanya mengikuti garis saja tida sesuai kontur denah yang kemiringannya belum tentu sesuai. Untuk anak panah penunjuk arah bisa gunakan bazier tool atau pen tool, kemudian untuk panahnya kita menggunakan End Arrowhead Selector, seperti pada gambar berikut

Untuk membengkokkan anak panah saya rasa sobat sudah tau, yaitu dengan menggunakan Shape tool, kemudian klik add, atau klik curve untuk membentuk seperti busur. Saya rasa sudah cukup jelas bagaimana cara membuat denah lokasi 3D dengan corelDraw. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau masukan apa saja silahkan tinggalkan komentar dibawah. Semoga bermanfaat.


2 comments:

  1. BISA GAN Dari pada menggunakan Interactive Envelope tool

    ReplyDelete
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete