Cara Memotong Gambar di CorelDraw

Bookmark and Share
Di Photoshop kita mengenal tool yang bernama crop, dimana tool itu berfungsi untuk memotong gambar/foto sesuai yang kita inginkan, bagaimana dengan CorelDraw, bagaimana cara memotong gambar/foto di CorelDraw? Kemarin ada teman yang menanyakan apakah di CorelDraw ada tool crop seperti di Photosop? Saya jawab nggak ada, tetapi kita bisa melakukannya dengan menggunakan intersect, dimana kita menggabungkan shape baik berupa kotak (rectangle tool), bundar (Ellipse) atau dengan menggunakan polygon atau bintang. Jadi tool crop di CorelDraw lebih lengkap karena ada lebih dari tiga bentuk atau bentuk apa saja yang kita kehendaki.
Bagaimana caranya memotong gambar di CorelDraw? Mari kita simak cara mudah berikut ini.
Setelah sobat buka CorelDraw import gambar atau drag dari folder di komputer sobat. Setelah itu pilih salah satu shape (rectangle, ellipse, polygon, dll). Untuk contoh ini saya akan menggunakan gambar bintang. 
Langkah pertama letakkan bintang tepat diatas gambar yang ingin kita potong, setelah itu select bintang dan gambar tersebut dengan menekan tombol shift. Berikut langkah-langkahnya:
Pilih star tool, letaknya tersembunyi diantara polygon tool, klik hingga muncul seperti ini:
Cara memotong gambar di CorelDraw
Star tool


















Letakkan gambar bintang tepat diatas gambar yang akan kita potong, setelah itu klik gambar/foto sambil menekan tombol shift, atau bisa dengan menggunakan Ctrl+A (select all), apabila select all tidak berhasil gunakan cara pertama dengan mengklik bintang terlebih dulu baru klik gambar/foto sambil menekan shift, karena bila yang diklik pertama foto hasilnya akan berbeda.
Setelah itu klik intersect, lihat gambar dibawah ini:
Cara_Memotong_Gambar_di_Corel_Draw
Intersect
Hasilnya seperti ini:
Cara_Memotong_Gambar_di_Corel_Draw
Hasil akhir
Mudah kan cara memotong gambar di corelDraw, bahkan kita bisa memilih bentuk yang kita inginkan tidak sekedar kotak saja. Demikian sedikit share dari saya, semoga bermanfaat and kalo ada masukan atau pertanyaan just leave your comment below, dan jangan lupa kasih jempol hehe. Sampai jumpa di postingan berikutnya.




*/adsense/*

{ 6 comments... Views All / Send Comment! }

sugi artana mengatakan...

ijin cofy gan, ane mau pelajarin offline

Efnaser mengatakan...

silahkan gan

Anonim mengatakan...

thanks infonya...., tapi kenapa corel ane, intersect tidak aktif alias tidak bisa diklik.... mohon info selanjutnya.

Efnaser mengatakan...

udah mengikuti step2 diatas belum? dua objek harus di klik semua dngan menekan shift atau ctrl+a, kalau objek yang diklik cuman satu tidak akan muncul intersectnya

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat mengatakan...

Terimakasih atas informasinya ya..!! artikelnya sangat bermanfaat sekali.
semoga artikel ini memberikan manfaat untuk orang-orang yang sudah membacanya.

Cara menghilagkan jerawat di leher mengatakan...

Terima kasih atas infonya .. semoga artikelnya membarikan manfaat bagi yg lain
Follow
khasiat bawang putih tunggal
5 manfaat jatuh cinta
cara menghilangkan tato

Posting Komentar