Kamis, 23 Mei 2013

O-Jex Ride Sharing, Solusi Mengatasi Macet di Jakarta


O-jex
Kemacetan sudah tidak asing lagi bagi warga Jakarta, berbagai upaya telah dilakukan dari memberlakukan jalur 3 in 1 (tiga orang dalam satu mobil) yang berlaku di jalur protokol, ide pemberlakuan sistem ganjil genap hingga Electronic Road Pricing (ERP). Tetapi Jakarta sampai tulisan ini diangkat masih menyandang predikat "kota macet".

Bukan hanya warga Jakarta yang berperan menghambat laju lalu lintas ibu kota, tetapi warga sekitar jakarta yang memiliki mobilitas di Jakarta dan sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan juga Bekasi ikut andil menambah semrawutnya lalu lintas kota Jakarta. Mobilitas dari luar Jakarta diperkirakan mencapai ribuan orang setiap harinya.

Dari situlah muncul ide untuk mengurangi kemacetan dengan konsep ta'awun/tolong menolong oleh seorang pengusaha asal Cibubur Muhaimin Iqbal. Solusi tersebut diwujudkan dengan konsep saling berbagi. Ide ini sebenarnya hampir sama dengan komunitas nebeng yang tidak asing lagi di telinga kita, tetapi bedanya sistem ini melibatkan smartphone yang berbasis Android dan Blackberry (sementara untuk sistem operasi iOS belum tersedia).

Untuk menjadi member pengguna smartphone harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi yang bernama O-Jex Ride Sharing ini memungkinkan  pengguna bertemu dengan pengemudi bagi yang mau nebeng, atau penumpang bagi yang membawa kendaraan yang masing-masing memiliki jalur searah serta pada jam pemberangkatan yang kurang lebih sama.

Dengan aplikasi ini pengguna juga bisa mendeteksi pengguna lain yang memiliki radius yang sama, misalkan 5 km. Hal ini dapat dilakukan dengan mencarinya di menu search. Setelah menemukan member lain yang memiliki tujuan sama kita tinggal lihat profil orang tersebut serta berkomunikasi melalui aplikasi ini.
geraidinar.com

Mungkin sebagian pengemudi sungkan untuk menarik ongkos penumpangnya, maka solusi untuk hal ini adalah dengan mendaftar fitur premium, dimana penumpang bisa berkontribusi dengan poin untuk meringankan biaya pengemudi. Untuk ilustrasinya bisa dilihat dibawah yang saya ambil langsung dari geraidinar.com situs milik pak Iqbal.
geraidinar.com
Tertarik ingin berbagi tumpangan atau mau nebeng karena malas membawa kendaraan sendiri, silahkan daftar menjadi member dan download aplikasinya bagi pengguna Android dan Blackberry disini:


Cara Instalasi :

Android
1. Download file installer melalu link diatas
2. Bila download telah selesai, buka aplikasi 'File Manager' lalu buka folder 'Download' dan cari file ridesharing.apk, pilih 'Instal'
3. Ikuti langkah instalasi

Blackberry
1. Download file installer melalu link diatas
2. Tunggu hingga hasil download selesai, lalu device akan meminta di-booting ulang (reboot), langsung reboot dan tunggu hingga device menyala lagi dan aplikasi siap digunakan

sumber: geraidinar.com

1 komentar:

  1. Makasih tipsnya gan ini sangat bermanfaat bagi saya yg masih pemula

    BalasHapus