Thursday, October 28, 2010

Itung-itungan ala Joe Sandy

Lama sekali rasanya saya tidak posting di blog tercinta ini, malah saya pikir akun saya udah terhapus...he he.
Oke kali ini saya punya tulisan mengenai sesuatu yang dulu saya benci waktu sekolah, yaitu bab hitung menghitung. Karena setelah dipelajari ternyata asyik maka saya putuskan untuk diposting di blog yang lama nganggur ini.
Baiklah langsung saja ke inti persoalan, mungkin Anda pernah menyaksikan sulap yang dilakukan Joe Sandy dan barangkali juga Anda bingung ketika dia dengan mudahnya menebak angka-angka yang deretannya sangat panjang, dan tentunya tidak bisa dihitung oleh otak orang normal dalam hitungan detik.
Kali ini saya akan memberikan trik bagi Anda yang belum mengetahui rahasianya dan ingin pamer ke teman atau kerabat. Yaitu meramal hasil hitungan penjumlahan.
Pertama kita menyuruh salah seorang teman kita menulis 5 digit atau 6 digit angka sesuka dia.
Misal untuk penjumlahan 5 digit
53246
itu adalah angka yang ditulis oleh teman Anda, sekarang pura-puralah berpikir selama 5-10 detik agar terlihat serius, tapi jangan terlalu lama.
Kemudian di tangan Anda atau pada selembar kertas tulislah angka 253244
Dari mana angka tersebut? Perhatikan angka yang diberi warna merah 253244
angka 2 dan 4 adalah hasil menambahkan dari angka yang ditulis oleh teman Anda, yaitu dengan menambahkan 2 di depan angka 5 serta dengan mengurangi 2 pada angka 6 sehingga hasilnya menjadi 253244. Dan itu adalah hasil akhir yang akan keluar sebagai hasil tebakan kita.
Setelah hasilnya anda temukan yaitu 253244, suruh teman Anda menulis 5 digit lagi angka di bawah angka tadi, katakan pada teman Anda agar tidak menggunakan angka kembar karena akan lebih mudah ditebak.
53246 ini adalah angka pertama yg ditulis teman Anda
25647 misalnya ini adalah 5 digit angka yang ditulis lagi oleh teman Anda.  
74352 ini adalah angka yang Anda tulis, kemudian teman anda akan menulis lagi untuk yang terakhir
53214 misalnya ini adalah 5 digit angka yang ditulis lagi oleh teman Anda.  
46785 ini adalah angka terakhir yang akan menentukan jumlah yang anda tebak tadi.
Caranya adalah dengan menjumlahkan menjadi sembilan setiap angka di bawah 5 digit yang ditulis teman Anda. Misalnya angka 25647(spt contoh pd no 2), maka agar angka 2 menjadi 9 tuliskan di bawahnya angka 7, kemudian di bawah angka 5 angka 4, dan seterusnya. Begitu juga untuk baris terakhir.
Kemudian suruh teman Anda menjumlahkan angka-angka tersebut (53246+25647+74352+53214+46785) dan hasilnya adalah 253244  
Apabila angka terakhir yang ditulis teman anda adalah 1 maka kita gunakan angka 9, apabila angkanya 0 maka kita menggunakan angka 8, tetapi angka yang di depannya harus dikurangi satu.
Contoh untuk yang angka terakhirnya 1 : 25321 maka menjadi 225319
Contoh untuk yang angka terakhirnya 0 : 25320 maka menjadi 225318
Angka yang saya cetak hijau adalah angka yang harus dikurangi satu
Apabila dua sebelum angka terakhirnya 0, maka angka depannya dikurangi satu lagi
Contoh 22500 maka menjadi 222498 (pengurangannya sampai ke angka 5)
keterangan:
angka 8 adalah hasil pengurangan dari 0 seperti yang telah dijelaskan di atas.
angka 9 adalah hasil pengurangan 0-1, apabila 0-2 = 8 maka 0-1 = 9 (karena angka no 2 dari belakang selalu dikurangi satu)
dan angka 4 adalah hasil pengurangan 5-1. 
Itu saja mungkin, mudah-mudahan bisa dipahami, apabila ada yang kurang jelas bisa pos komen.
Mungkin sudah banyak yang mengetahui juga trik ini, tapi ketika saya tunjukkan ke teman-teman ternyata mereka belum ada yang tau, jadi jangan ragu kalo mau pamer :)

4 comments:

  1. bingung pegangan bu, ha ha..
    yang mana yg bingung?
    saya menyadari klo penjelasannya mungkin agak membingungkan, soalnya saya bukan guru matematika, apalagi history nilai matematika di rapor jg lebih membingungkan lagi :D
    intinya kita menebak hasil akhir hitungan penjumlahan.jadi angka2 yang dicetak biru itu ditulis teman anda secara sembarang, kemudian kita mengikuti dibawahnya (yg dicetak merah) dg menjumlahkan masing2 angka menjadi 9, misal angka yg diatasnya angka 1 maka kita dibawahnya menulis angka 8...hmm saya jd ikutan bingung nih..

    ReplyDelete
  2. Whaaaaaaaa.... lieur.... kudu pake 'otak' kayanya bacanya.. hihi... save aja dah... numpang nyedot...

    ReplyDelete
  3. tapi menurut saya lebih jitu n populer rumus pythagoras lho...wkkwkwk..hehehheh..mas naser gmn kabar..itu maslh posting make bhs bule..bgn srtny kan lam nich g ngeblog..ej tau2 buka email ada job dari payperpost..bgt di buka eh dah kedluarsa..man blog jd turun pageranknya..dulu udah 2 skrng turun pangkt jd 2 ..trus aku aktfn lg akun di papyperpost...trus di suruh posting make bhs bule..ya..aku translte aja artikel yg lama..hahahhah..

    ReplyDelete