Saturday, January 23, 2010

Mengubah Gambar Tema Firefox dengan Personas

Kabar gembira bagi pengguna Firefox, karena Mozilla Firefox versi 3.6 sudah resmi dirilis. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh web browser ini. Diantaranya adalah dengan dilengkapi fitur Personas, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan kita memilih sendiri tema latar belakang browser kesayangan kita yang tersedia lebih dari 35.000 tema dari berbagai kategori. Diantara kategori yang tersedia adalah Abstract, Film and TV, Music, Nature, Fashion, dan masih banyak lagi, bahkan kita bisa membuat sendiri tema yang kita inginkan dengan ukuran 3000 pixel x 200 pixel untuk header, dan 3000 pixel x 100 pixel untuk footernya, dengan format jpg atau png. Bagi teman-teman yang masih menggunakan firefox versi jadul bisa download versi terbarunya di sini, atau langsung update dari menu Help, Check for Updates.

Memasang Tema
Untuk memasang tema pada Mozilla Firefox 3.6 ini sangat mudah, langkah pertama kita kunjungi dulu situs www.getpersonas.com. Kemudian akan muncul halaman awal yang sudah tersedia bermacam tema dan kategori yang kita inginkan.
Untuk mengetahui tampilan browser sebelum kita memasang tema, kita bisa melihat preview latar belakang tema, yaitu dengan cara mengarahkan mouse ke salah satu tema yang kita inginkan. Maka akan terlihat latar belakang browser tersebut.











Setelah itu kita klik tab Wear it, dan hasilnya latar belakang browser kita memiliki gambar tema seperti yang kita inginkan.
Membuat Tema Sendiri
Untuk membuat tema sendiri kita harus daftar dulu. Pertama klik tab Create your own, kemudian di situ dikasih tahu langkah-langkahnya. Langsung saja klik "Finished your design? "di sebelah kanan. Di situ ada dua form sign in dan sign up, kalo belum terdaftar isi dulu form "New personas user?". Isi email dengan alamat email kita, Login name adalah nama kita pada saat log in, display username adalah nama yang muncul ketika design kita sudah dipublikasikan. Setelah registrasi sukses maka kita langsung masuk ke halaman terms of sevice. Klik I agree to the terms of service... kemudian pilih "Yes I want to make my design available to everyone under a Creative Common License".
Setelah itu klik continue, di halaman ini kita mulai memasukkan gambar yang telah kita desain. Kemudian klik submit, tunggu beberapa menit, maka hasil karya kita akan dipublikasikan dan semua orang di seluruh dunia bisa menggunakan tema buatan kita. Lihat juga hasil karyaku di sini
Selamat mencoba.

3 comments:

  1. Haiii.... salam kenal ya....

    berkunjung pertama sekalian follow biar nggak kesasar kalau main kesini lagi....

    ninneta

    ReplyDelete
  2. tips are very nice, I like it thanks

    ReplyDelete
  3. thank's for information,Greetings and salutations of friendship.

    ReplyDelete