Selasa, 20 Maret 2012

Aplikasi Gratis Android Bisa Memakan Daya Baterai Smartphone

angrybirds
Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Purdue dan Microsoft mengungkapkan bahwa 75% daya pada smartphone digunakan untuk penayangan iklan aplikasi pihak ke tiga.
Studi ini meneliti beberapa aplikasi popular smartphone, termasuk browser untuk Android dan game Rovio yang sangat digemari Angry Birds. Selain itu aplikasi New York Times download manager juga membutuhkan banyak energy terutama setelah tugas utamanya mendownload berita telah selesai.
Studi ini memiliki implikasi bagi pengguna yang enggan merogoh kocek untuk membayar aplikasi berbayar yang akan mengurangi jumlah tayangan iklan, sehingga akhirnya mereka membayarnya dengan daya baterai pada smartphone.
Penelitian ini tidak ditujukan pada OS Windows Mobile, akan tetapi hanya pada Android.  Penelitian ini menggunakan alat yang disebut eprof untuk menyimpulkan bahwa sebagian besar aplikasi smartphone digunakan untuk fungsi I/O, seperti mengakses data 3G atau Wi-Fi. Studi ini menemukan bahwa banyak aplikasi yang memiliki “tails”(ekor) yang meninggalkan perangkat bekerja dalam daya penuh, bahkan ketika aplikasi telah selesai.
Pada game Angry Birds misalnya, iklan pihak ketiga Flurry sendiri menyerap 45 persen dari daya yang digunakan oleh aplikasi tersebut, GPS menyerap daya sebesar 15 persen dan “tail” dari 3G 24 persen.
Ketika kita menggunakan halaman pencarian android di browser aslinya dapat menyerap sebesar 2.000 μAH, penelitian ini menemukan bahwa 31 persen dan 16 persen digunakan untuk 3G dan GPS. Sedangkan browsing CNN membutuhkan daya 2.400 μAH.

Sumber: http://www.pcmag.com





0 komentar:

Posting Komentar