Cara membuat blog dengan nama domain sendiri

Bookmark and Share
Cara membuat blog dengan nama domain sendiri (part 1)

Seperti yang telah saya janjikan sebelumnya di postingan Membuat blog untuk pemula saya akan membuat tutorial cara membuat blog dengan nama domain sendiri, misalnya namadomain.com. Mungkin sobat ingin memiliki nama blog yang lebih terlihat profesional atau ingin membuat untuk organisasi, komunitas atau mungkin sobat memiliki kegiatan usaha dan akan membuat website tentang usaha tersebut.

Membuat blog dengan nama domain sendiri sangatlah mudah, yang penting sobat menyediakan uang untuk membeli domain dan hosting, untuk hosting sobat bisa menggunakan blogger sehingga tidak perlu membayar, akan tetapi untuk postingan kali ini tidak akan dibahas dulu, mungkin lain waktu saja kita bahas tentang custom domain di blogspot. Sedangkan untuk membeli domain biasanya sobat harus mengeluarkan uang sampai 100 ribuan kalau kita membeli domainnya di Indonesia, tetapi kalau sobat punya kartu kredit atau paypal sobat bisa membelinya di namecheap, godaddy, domain.com dan lain-lain yang biasanya menyediakan kupon diskon hingga harganya dibawah satu dollar, tetapi diskon kupon harganya bervariasi tergantung diskon yang diberikan.

Buat sobat yang ngga punya kartu kredit atau paypal saya sarankan beli domain dan hosting di penyedia domain dan hosting Indonesia yang terpercaya, dan pastikan mereka memiliki customer service yang online sehingga apabila kita mempunyai pertanyaan akan dengan cepat direspon, meskipun kita bisa mengirimkan tiket tapi tidak semua penyedia layanan hosting dan domain memiliki respon yang cepat. Untuk penyedia web hosting di Indonesia saya biasa menggunakan dracoola.com, mereka memiliki pelayanan yang cepat dan dengan bahasa yang santai dan kadang kocak, dan cocok untuk pemula karena paket hosting yang disediakan cukup murah silahkan cek saja ke tekape, tapi kalau paket webhosting yang lengkap biasanya saya percayakan pada jogjahost.com.

Kedua penyedia layanan yang saya sebutkan tadi menyediakan domain dan hosting. Untuk domain biasanya waktu sewanya minimal satu tahun, tetapi webhosting bisa perbulan dan biasanya kalau kita menyewa satu tahun atau lebih akan mendapatkan potongan harga atau hitung-hitungannya lebih murah. Biasanya penyedia layanan hosting ini menyediakan dua pilihan hosting yaitu untuk server US kalo sobat memiliki target pengunjung Amerika dan sekitarnya dan server IIX (Indonesia Internet Exchange) untuk target pengunjung Indonesia, ada juga server Singapura tapi saya ngga paham dan belum pernah pake :D Untuk webhosting luar negeri yang pernah saya coba adalah hostgator, untuk yang lainnya saya belum pernah coba, tapi silahkan dicek saja host monster, blue host, fat cow dan lain-lain yang menurut saya banyak juga digunakan oleh internet marketer selain yang saya sebutkan pertama tadi. Nah untuk domain sudah saya sebutkan di atas.

Oke, setelah sedikit banyak penjelasan tentang domain dan hosting kita mulai saja langkah pertama, yaitu membeli domain. Caranya tinggal kunjungi saja situs penyedia layanan yang akan kita gunakan. Kita ambil contoh disini godaddy.com. Setelah kita buka godaddy akan muncul di halaman pertama kotak search bertuliskan "find the perfect domain name" dibelakangnya ada tombol dropdown yang bertuliskan .com, pilih ekstensi yang ingin kita gunakan apakah .com, .net, .info atau lainnya tinggal klik menu drop down tadi. Tuliskan nama domain yang akan kita beli di kotak tersebut sekaligus untuk mengecek ketersediaan nama domain yang akan kita gunakan.

Kalau nama domain yang kita masukkan sudah tersedia tinggal klik buy now kemudian akan muncul list orderan kita seperti ini
Cara membuat blog dengan nama domain sendiri


Pada gambar di atas yang saya lingkari adalah term, di defaultnya biasanya 2 years kalau sobat mau menggunakan setahun pilih saja di drop down yang 1 year atau pilihan lainnya kalau mau menggunakan lebih dari 2 tahun. Langkah selanjutnya adalah klik check out di sebelah kanan, kalau sobat belum log in maka akan disuruh log in terlebih dahulu, tapi kalau belum terdaftar tinggal klik create account. Untuk langkah berikutnya silahkan ikuti saja step-stepnya saya rasa tidak begitu sulit, asalkan paham bahasa Inggris meskipun sedikit. Kalau tidak bisa Bahasa Inggris belilah di Indonesia, karena dikhawatirkan kita ingin menyampaikan keluhan atau pertanyaan yang bersifat teknis, nggak mungkin kan kita translate di google translate hehe... Untuk pembelian di Indonesia prosesnya hampir sama. Dan untuk pilihan-pilihan tambahan sebaiknya tidak usah diklik karena akan menambah beban pembayaran buat kita. Misalnya pilihan private, certify my domain sebaiknya lewati saja atau biayanya akan tambah membengkak, klik continue terus dan abaikan saja check box penawaran. Atau pilihan-pilihan lain kita harus jeli jangan asal klik.

Untuk memasukkan kupon lihat gambar di atas, di sebelah Total $10.17 ada tertulis Do you have a promo, source code or referral code? Click here, klik Click here dan masukkan kupon yang sobat dapatkan, biasanya kupon hanya berlaku beberapa hari saja dan ada batasan jumlah pembelian menggunakan kupon tergantung kebijakan dari penyedia layanan domain tersebut.

Nah setelah kita selesai melakukan pembayaran domain berarti kita sekarang sudah punya nama domain sendiri, dan langkah selanjutnya adalah menyewa web hosting. Hosting ini bisa sobat sewa minimal satu bulan. Terdapat beberapa paket pilihan yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan kita, pilih saja paket yang paling murah untuk belajar saja. Tapi biasanya paket tadi tidak memberikan tambahan add on domain, yaitu untuk tambahan domain kalau kita ingin membuat blog lagi dengan domain yang lain dan tentunya kapasitas dan bandwidthnya juga kecil. Silahkan sobat pilih sesuai kebutuhan dan tentunya sesuai isi kantong sobat hehe. 

Prosesnya sama seperti pada waktu kita membeli domain, tapi pada web hosting ini kita akan dikirimi email alamat name server,kalau tidak juga ditemukan cek di spam karena tidak menutup kemungkinan emailnya nyangkut di spam. Nah name server ini nantinya akan kita gunakan untuk mengarahkan domain yang kita beli tadi ke webhosting. Wah apa lagi nih, hehe saya rasa akan sangat panjang kalau dijelaskan lagi, so kita lanjutkan lagi saja cara membuat blog dengan nama domain sendiri di postingan berikutnya. semoga bermanfaat
Bersambung









*/adsense/*

{ 2 comments... Views All / Send Comment! }

Dewii Sumiyati mengatakan...

Manteep sob informasinya :)
http://goo.gl/NMk14a

Staff Sinteniki mengatakan...

Bingung cari webhost murah? Anda bisa Beli Hosting di IDWebHost.com Jasa web host & domain murah No 1 di Indonesia

Posting Komentar