Cara membuat blog dengan nama domain sendiri (part 2)

Bookmark and Share
Melanjutkan postingan sebelumnya Cara membuat blog dengan nama domain sendiri, setelah kemarin kita bahas bagaimana membeli domain name di penyedia layanan domain dan hosting, kini kita lanjutkan bagaimana caranya kita mengarahkan nameserver ke web hosting yang sudah kita sewa. Langsung saja tanpa berlama-lama. Kita log in dulu ke akun domain yang baru saja kita beli, misalnya godaddy.com atau domain.com. Pada contoh kali ini saya akan menggunakan domain.com pada intinya cara menambahkan nameserver di setiap penyedia layanan sama saja dan tidak rumit. Intinya kita konsen di menu domain, apakah itu domain manager,domain panel, domain central atau apa saja yang berhubungan dengan domain dan nameserver, insya Allah sangat mudah karena saya juga pertama kali mencari tidak begitu kerepotan, padahal masih nubie banget hehe...

Pada domain.com langkah pertama yang kita lakukan adalah log in ke domain panel, kemudian klik domain central maka akan muncul domain-domain yang kita miliki, atau cuma satu saja. Klik domain yang akan kita ubah nameservernya kemudian akan muncul dibawahnya menu overview, pointers, transfer, contact, DNS, nameserver danseterusnya. klik menu nameserver maka akan muncul pilihan use default name server dan use differrent name server, pilih yang kedua kemudian masukkan nameserver yang kita dapat dari penyedia layanan hosting, contoh ns1.webhosting.com, ns2.webhosting.com, masukkan semua yang kita dapatkan di email ketika kita baru membeli layanan webhosting, cek di email sobat atau spam. Biasanya kita diberikan 4 nameserver bersamaan dengan username dan password cpanel. Silahkan dibaca baik-baik emailnya. Untuk penampakan di domain.com seperti ini:
mengarahkan nameserver

Untuk contoh di atas saya menggunakan jogjahost, bukan promosi ini loh cuma contoh saja. Oh ya kalau sudah dimasukkan semua nameservernya jangan lupa sobat klik save ya, kemudian tunggu resolvenya 1x24 jam, biasanya sih ngga nyampai sejam juga sudah resolve.

Setelah selesai kita buka cpanel, kembali ke email yang kita dapat dari penyedia webhosting disana kita diberikan username dan password untuk login ke cpanel dan tentunya link yang mengarahkan ke cpanel kita. Di cpanel ini terdapat banyak sekali menu dan tidak mungkin saya jelaskan satu-satu, tapi yang paling sering kita gunakan nanti adalah file manager, php my admin, add on domain, dan menu softaculous atau fantastico dan disini kita akan menggunakan softaculous serta wordpress sebagai cmsnya (content management system).

Untuk cara setting domain kita di wordpress akan kita lanjutkan di postingan berikutnya, karena saya harus berangkat kerja, udah siang nih ngga terasa hehe, mungkin nanti sore sepulang kerja atau besok pagi lagi. sampai ketemu di postingan berikutnya semoga bermanfaat.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar