Sunday, March 24, 2013

Membuat Blog untuk pemula

Sering sekali saya ditanya teman "bagaimana sih cara membuat blog?" biasanya saya hanya jawab, "gampang koq tinggal daftar aja di blogger atau wordpress" tetapi ternyata jawaban saya itu belum bisa mewakili pertanyaan teman-teman yang belum pernah membuat blog, karena segala sesuatu yang kita belum pernah melakukan pasti akan membuat kita bingung. Meskipun sudah banyak yang posting cara membuat blog ingin juga saya menjawab pertanyaan teman-teman yang masih bingung memulai membuat blog. Baiklah postingan kali ini saya akan beri judul "membuat blog untuk pemula" jadi ini untuk nyubi buat yang udah mastah minggir, hehe... dan kita akan menggunakan blog gratisan yaitu blogspot atau blogger.

Pertama yang harus sobat lakukan adalah mendaftarkn akun Gmail, atau kalau sudah punya tinggal masuk saja ke blogger.com dan sign in dengan password gmail yang sudah sobat daftarkan. Untuk pendaftaran akun Gmail saya anggap sobat sudah paham caranya.

Setelah kita login ke blogger.com klik New Blog untuk membuat blog baru, seperti gambar di bawah ini:
membuat blog untuk pemula

Setelah itu akan  muncul kolom Title dan Address. Untuk kolom title beri judul sesuka kita, misal kita akan membuat blog dengan judul "cara membuat blog untuk pemula" kemudian untuk address adalah alamat URL kita nanti seperti efnaser.blogspot.com berarti sobat mengisi efnaser, silahkan isi sesuai keinginan. Kemudian pilih template yang sobat inginkan yang terlihat di bawah kotak address. Guna template ini nantinya untuk penampilan blog kita, dan kita juga bisa mempercantik sendiri dengan menyetting template yang sudah disediakan oleh blogger, atau bisa kita download di btemplates.com. Insya Allah di postingan-postingan berikutnya akan saya bagikan caranya.
membuat blog untuk pemula

Untuk memulai postingan klik gambar pensil yang saya lingkari, dan untuk membuat alamat blog baru klik New Blog yang saya lingkari juga. Cara membuat blog baru sama seperti diatas, tinggal isi title/judul dan address/alamat serta memilih template yang kita sukai. Untuk cara membuat postingan saya rasa tidak perlu dijelaskan mungkin cukup saya sertakan screen shotnya agar jelas gambarannya.

Untuk screenshot nya saya ambil dari postingan ini aja biar ngga ribet, hehe
membuat blog untuk pemula
Nah untuk fungsi-fungsinya biar saya jelaskan sedikit:
untuk huruf B atau logo Blogger di pojok kiri atas adalah untuk kembali ke dashboard, yaitu halaman utama blogger biasanya list alamat blog kita ada disitu. view blog disebelah logo blogger adalah untuk melihat blog kita.
Kemudian publish fungsinya untuk menerbitkan postingan yang sedang kita tulis, save untuk menyimpan pekerjaan kita, dan preview untuk melihat hasil pekerjaan kita.
Di sebelah kanan ada post setting, masing-masing ada Labels, fungisnya untuk memberi label postingan kita, label ini fungsinya sama seperti kategori, yaitu mengelompokkan postingan kita dalam label tertentu, misal cara membuat blog dengan blogspot kita beri label blog, kemudian kita bikin lagi judul cara membuat blog dengan wordpress kita beri label blog juga, maka ketika kita klik label blog akan muncul dua postingan itu atau semua postingan dengan label yang sama.
Di bawah label ada schedule yang berfungsi untuk menjadwalkan penerbitan postingan kita, kalau kita ingin menerbitkannya di lain waktu. Misalnya sobat ingin membuat postingan tentang Hari Kartini, tentunya lebih cocok bila diterbitkan pada tanggal 21 April, tetapi pada tanggal itu sobat mau ke luar kota, atau ada kesibukan lain, sehingga bisa dituliskan sekarang, dan dijadwalkan pada tanggal tersebut.
Pada fungsi berikutnya yaitu permalink, disini kita bisa melihat alamat URL postingan kita, kita bisa membuat sendiri permalink ini, misal judul postingan kita cara membuat blog dan alamat kita efnaser.blogspot.com, maka akan menjadi efnaser.blogspot.com/cara-membuat-blog.html kita bisa memodifikasi sendiri misal dengan "cara bikin blog" meskipun judulnya "cara membuat blog" dan akan menjadi efnaser.blogspot.com/cara-bikin-blog.html. Sedangkan untuk fungsi location dan options mungkin tidak perlu dijelaskan disini, atau mungkin lain waktu.

Demikian cara membuat blog untuk pemula, insya Allah postingan berikutnya cara membuat blog dengan wordpress, yaitu dengan domain namadomain.com atau domain berbayar.
Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. sangat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana membuat (membangun) sebuah blog seperti saya, masih perlu belajar untuk bisa menjadi blogger proffessional.. thanks gan

    ReplyDelete
  2. Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratunya... Kunjungi Artikel SEO Termurah Dengan Niche Terlengkap...

    ReplyDelete