Thursday, December 6, 2018

Cara Menyimpan Madu


Madu selain rasanya yang manis juga memiliki beribu manfaat untuk kesehatan baik untuk menyembuhkan penyakit atau menjaga ketahanan tubuh. Buat kamu yang aktif dan ingin selalu fit setiap hari maka wajib menyimpan madu di rumahmu. Tapi tau ngga sih kamu bagaimana caranya menyimpan madu yang baik dan benar? 


cara-menyimpan-madu
Kalo kita tidak bisa menyimpan madu dengan benar dikhawatirkan madu yang kita konsumsi itu akan berkurang kualitasnya atau bahkan rusak. Inilah beberapa cara menyimpan madu yang baik yang bisa kamu praktekkan di rumah.

1. Gunakan wadah yang tepat
Sebenarnya madu hanya membutuhkan tempat yang sejuk dan kering agar kualitasnya terjaga dengan baik. Biasanya ketika kita membeli madu sudah dikemas dengan wadah yang cukup bagus untuk menyimpan madu, tapi jika wadah atau tempat madu itu rusak maka kita bisa memindahkannya ke wadah lain. Nah wadah untuk penyimpanan madu yang baik antara lain adalah: Wadah yang terbuat dari plastik atau kaca yang memiliki tutup agar terhindar kemasukan debu atau serangga. Atau bisa juga menggunakan mason jar atau stoples bekas kue.

2. Simpan di Suhu yang Konsisten
Madu idealnya disimpan di suhu 10-20° C.  Madu yang disimpan di suhu yang tidak konsisten akan menyebabkan rusaknya citarasa madu tersebut dan akan membuat warnanya menjadi gelap. Tempat yang ideal untuk menyimpan madu biasanya di dapur atau di ruang makan yang biasanya memiliki suhu yang stabil. Untuk penyimpanan di dapur jauhkan dari kompor karena ketika dinyalakan kompor akan menghasilkan panas yang tinggi yang akan mempengaruhi suhu di luar madu.

3. Jangan terkena sinar matahari langsung
Paparan sinar matahari dapat merusak kualitas madu, maka jangan simpan madu di deket jendela ya, karena biasanya sinar matahari akan masuk melalui jendela. Kalo jendela kayu yang tertutup ngga papa kali ya, hehe. Jadi simpan di tempat yang teduh yang jauh dari paparan sinar matahari langsung.

4. Pastikan Wadah Tertutup Rapat
Udara dari luar bisa mempengaruhi kualitas madu juga, untuk itu tutup rapat madu agar tidak terkontaminasi oleh udara dari luar, dan pastinya menjaga madu dari kemasukan binatang-binatang kecil semacam semut, kecoa, dan serangga-serangga lainnya.

Ohya terakhir pastikan wadah penyimpanan yang akan dipakai bersih dan steril ya, jangan pake toples bekas kue tapi masih ada remahan kuenya, hehe itu sih jorok namanya. Oke itu saja tips atau cara-cara menyimpan madu agar kualitasnya terjaga dan pastinya tetap memberikan manfaat buat tubuh kita. Kalau ada yang mau nambahin silahkan ya komen saja di bawah ini. Terimakasih udah menyimak sampai ketemu lagi di tulisan saya berikutnya, semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment